Advertising


Cara Melacak Mobil yang Hilang

Diposting oleh Dhafy

Bagaimana cara melacak mobil  yang hilang? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurusnya di kantor polisi? Belum waktu dan tenaga untuk mengurusnya. Sangat melelahkan. Didorong keinginan mendapatkan rasa aman dan perlindungan properti pribadi, kini muncul teknologi pelacakan barang bergerak, seperti kendaraan pribadi.

Alat ini menggunakan pelacakan GPS yang dipancarkan via satelit, sebagai cara melacak mobil yang hilang.  Nah, karena peranti yang bisa mengirimkan sinyal lewat satelit itu mahal, lahirlah perpaduan teknologi GPS dengan teknologi Global System for Mobile Communication (GSM), yang sinyalnya terpancar melalui menara pemancar seluler. 

Teknologi GPS Car Tracker 
Dengan GPS Car Tracker, keberadaan mobil atau motor yang hilang dapat dilacak secara realtime melalui HP dan Komputer Anda.GPS Car Tracker merupakan alat pengaman mobil dengan teknologi GPS. Alat ini dipasang di dalam kendaraan dan berfungsi sebagai pemberi sinyal, sehingga keberadaan mobil dapat dilacak. Dilengkapi dengan slot untuk menyisipkan kartu SIM, alat ini memiliki kemampuan mengirim SMS dan sarat dengan berbagai fungsi alarm, sebagai teknik modern cara melacak mobil yang hilang.

Intinya, teknologi GPS Car Tracker dapat melakukan hal-hal sebagai berikut: 
1. Track On Demand. Dapat mengirim pesan via sms keberadaan kendaraan anda saat ini, posisi lintang dan bujur, kecepatan gerak serta link peta lokasi via internet.
2. Geo Fencing Control. Ketika kendaraan bergerak dalam / luar daerah yang ditetapkan, ia akan mengirim pesan peringatan via sms ke nomor telepon yang dikehendaki.
3. Movement and Speed Alert. Dapat mengirim pesan sms pada Anda ketika kendaraan mulai bergerak dari status diam, atau ketika kendaraan bergerak lebih cepat dari kecepatan yang ditetapkan.
4. Stop the Engine. Anda dapat mengirim pesan sms ke pelacak untuk memutuskan listrik tenaga gas dan baterai, sehingga mesin akan tetap dalam keadaan mati sampai Anda menghapus status alarm.

Cara kerja alat ini didukung oleh baterai otomotif, dan harus terpasang di dalam kendaraan. Akan lebih baik jika terpasang pada posisi yang tidak terlihat, misalnya di bawah jok mobil. Ia beroperasi dengan chip set terbaru SiRF GPS III. 

Microchip GPS canggih tertanam ke jantung pelacak yang terus membaca lokasi sendiri dari satelit global dan kemudian menggunakan GSM / GPRS infrastruktur yang dioperasikan oleh jaringan selular Anda untuk mengirimkan lokasi mobil saat ini kepada Anda. 

Agar cara melacak mobil yang hilang ini berhasil, Anda harus  menyisipkan kartu SIM yang aktif. Unit ini telah dilengkapi konektivitas Quad Band sehingga dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia. GPS Car Tracker tidak bersuara sama sekali, jadi Anda sepenuhnya menyadari apa yang terjadi pada mobil Anda, tetapi pengemudi di dalam dan penumpang tidak menyadari bahwa aktivitas mereka dan lokasinya terus menerus dilaporkan. 

Sedangkan fungsi keamanan diberikan lewat pemasangan tombol darurat (panic button). Tombol yang terhubung ke operator ini tidak akan berbunyi jika ditekan. Kegunaannya misalnya jika pengemudi dirampok karena tombol itu bisa membuat operator segera menghubungi polisi tanpa diketahui pelaku kejahatan.

Teknologi cara melacak mobil yang hilang ini mengamankan kendaraan dalam bentuk lain. Jika mobil hilang karena dicuri, pemiliknya tinggal menghubungi operator agar mesin mobil dimatikan. Maka, mobil akan mogok sehingga kemungkinan besar segera ditinggalkan pencurinya. Selanjutnya, lewat peta digital, operator dapat memberi tahu lokasi terakhir mobil pada pemiliknya.

Advertising