Advertising

Cara Jualan di Blogger

Diposting oleh Dhafy

Saat ini, cara jualan di blogger sangat disukai para pebisnis lantaran praktis, efisien, dan efektif. Lalu, bagaimana cara jualan di blogger agar produk mudah ditemukan calon pembeli? 

Tampilan blogging site yang minimalis tapi informatif akan membuat calon pembeli betah mengeksplorasi produk-produk yang tersedia. Walau begitu, penjual tetap perlu memperhatikan hal-hal penting yang wajib hadir di blog jualannya, sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Nama, Logo, dan Tagline Toko
Nama toko online berfungsi sebagai identitas. Karenanya, penjual perlu mencari nama toko yang mewakili barang-barang jualan. Penjual juga bisa menjadikan nama tersebut sebagai alamat blog, agar calon pembeli lebih mudah menemukan dan mengingat toko online tersebut.

Nama toko sebaiknya diletakkan di bagian paling atas setiap halaman blog jualan, agar pengunjung selalu mengetahui toko mana yang sedang ia kunjungi. 

Ucapan Selamat Datang
Pada halaman utama atau landing page blog jualan, penjual sebaiknya mencantumkan pesan penyambutan, seperti “Selamat datang di Toko 123!”. Selain sapaan tersebut, penjual juga bisa menambahkan beberapa kalimat yang berfungsi memperkenalkan tokonya kepada pengunjung. 

Pamer Produk
Supaya pengunjung lebih mengenal tokonya, penjual perlu ‘memamerkan’ produk-produk yang dijual dalam bentuk foto. Foto produk ini perlu ditemani dengan nama produk dan juga harganya. Selain itu, penjual sebaiknya menampilkan produk-produk yang paling baru di bagian ini.

Kategori Produk
Penjual juga perlu membuat beberapa kategori produk agar calon pembeli tidak tersesat di blog jualan. Jumlah kategori ini bisa dibuat sesuai kebutuhan. 

Produk terpopuler dan rekomendasi
Pengunjung terkadang ingin tahu barang-barang terlaris di  toko online. Maka, penjual perlu memperlihatkan barang-barang yang paling diminati oleh pembeli-pembeli sebelumnya.

Pilihan Pembayaran
Informasi ini harus selalu ada di setiap halaman blog jualan. Penjual bisa mencantumkan logo alat pembayaran maupun bank yang menerima pembayaran dari transaksi pembelian.

Pilihan Pengiriman Barang
Informasi mengenai jenis jasa pengiriman apa yang dimiliki oleh penjual juga perlu disampaikan kepada calon pembeli. Hal ini dilakukan supaya calon pembeli mengerti dan memahami sistem jasa kurir yang dipilih oleh penjual.

Tempat Berinteraksi
Untuk memfasilitasi pertanyaan dari calon pembeli, penjual perlu menyediakan sarana interaksi, seperti layanan chat, email, atau Blackberry Messenger.

Alamat Toko
Jika penjual memiliki toko offline, sebaiknya ia menuliskan alamat toko tersebut di bagian informasi kontak. Banyak calon pembeli yang ingin membuktikan dan melihat secara langsung barang yang akan ia beli.

Konten Berkualitas
Sebagai salah satu cara jualan di blogger, kehadiran konten berkualitas sangatlah penting, semisal  tulisan, foto, dan juga video yang memuat informasi terkait produk yang dijual. Misalnya, penjual baju batik memproduksi tulisan atau video tentang cara membuat motif batik yang sederhana.

Advertising